RANGKAIAN UJIAN

Februari 2011 :

Naah, ini dia, bulan Februari 2011. Anak SMK Farmasi memulai rutinitas tahunan yang menentukan masa depan kami. UJIAN. Ya, ujian kami dimulai dibulan ini. Ada 3 kali ujian yang dilaksanakan pada bulan kelahiranku ini. Berikut ini ujiannya :

  1. 2 Februari 2011 : Ujian Nasional Praktek Kejuruan Resep. Kenapa saya sebut ujian nasional? ya karena seperti ujian nasional pengawas di ujian ini silang dari SMK Farmasi lain di Semarang. Pengawasku dari SMK Farmasi Theresiana Semarang. Setelah utuk utuk dengan segala persiapan akhirnya aku memulai Ujian Praktek Resep ini. Kami masuk ke lab. Resep, tidak seperti praktikum resep biasanya, kali ini tidak dengan cek alat. Lumayan membantu menghemat waktu sih. Aku ambil amplop berisi resep deg-degan banget, berharap dapet resep yang mudah. Stempel Dinas Kesehatan menghiasi amplop. Saat bel berbunyi aku mulai membuka amplop tersebut sambil dengan perasaan takut dan kemudian, jreng jreng jreeengg, dalam hati aku berteriak 'OH MY GOD, Alhamdulillah Ya Rabb, resep yang ku dapatkan termasuk resep mudah'. Sambil senyum bahagia aku mulai mengerjakan 4 resep yang aku dapatkan. Diawali dengan resep kapsul, entah kapsul apa aku lupa. Tidak ada masalah dengan resep Kapsul ini. Lanjut ke resep kedua, resep lotion alhamdulillah tidak ada kendala juga. Resep ketiga adalah OBH (Obat Batuk Hitam) nah, di obat batuk hitam ini ada kendala, setelah aku selesai membuat resep obat batuk hitam ini, aku menyerahkan kepada pengawas yang akhirnya aku tahu namanya Bu Sherly. Penyerahan obat lancar tanpa kendala. Hingga setelah aku menyelesaikan resep keempat ku yaitu Salep Kloramfenikol dan menyerahkannya, aku mulai merasakan hal yang janggal. Seperti ada yang kurang tapi apa?. Rasanya pengen tanya kepada rumput yang bergoyang, tapi sayangnya di Lab Resep tidah ada rumput yang bergoyang, adanya cuma neraca gram yang bergoyang terkena angin. Yaudah aku tanya kepada neraca tersebut, apa sih yang kurang dari hasil ujianku ?. Kemudian neraca menjawab melalui pikiranku. Aku seperti diminta untuk memegang OBH, dan aku sadar 'SENDOK TAKAAAAARRR' aku lupa menyertakan sendok takaar, Astaghfirulloh. Aku langsung galau, takut nilaiku down. dan itu terus menyelimuti perasaanku hingga ujian selesai, dan aku membali berteriak dalam hari selesai Ujian, 'Alhamdulillah'. Kau tau kenapa aku mengucap syukur? NILAIKU 9,50 untuk praktek resep, OH GOD, thanks :)
  2. 9 Februari 2011 : Ujian Teori Pengantar Praktek Resep, Simplisia, dan Alat Kesehatan. Nah ujian kali ini teori. Jam pertama adalah Ujian TPP Resep, dan jam kedua adalah ujian TPP Simplisia dan Alat Kesehatan. Malam sebelumya, aku fokus belajar Simplisia karena mata pelajaran itu adalah yang paling sulit, ya isinya hanya apalan bahasa latin tanaman tanaman. Sedangkan Resep agak aku sampingkan karena aku anggap mudah. Dalam pikiranku 'halaah resep paling soalnya kaya gitu duang'. Dan pada hari-H, Terbalik, semua terbalik, Resep yang aku kira bakal mudah ternyataa,, Astaghfirulloh sulitnya masyaAllah. Sedangkan Simplisia yang aku anggap susah, alhamdulillah gampang bangeeeet, Aku langsung galau, takut ga lulus, dan akhirnya aku lulus juga, hahahaa
  3. 16 Februari 2011 : Ujian Nasional Praktek Simplisia dan Alat Kesehatan. Alhamdulillah berjalan dengan lancar dengan hasil Nilai ku 10,00. Perfect. Sempet ada keraguan juga sih, masalahnya ada 2 tanaman yang ternyata SAMA tapi beda nomor. Elephanthopi Folium ya sama, bener-bener sama.
Maret 2011 :

dibulan Maret ini ada 2 macam Ujian, Nah ujian sekolah seperti biasa dan tanggal 15 Maret 2011 kami mengawali Ujian Nasional kami dengan materi Kompetensi Keahlian. 40 soal berisi 3 mata pelajaran : Farmakognosi, Farmakologi dan Ilmu Resep. Dasar aku yang lebay, tanggal 14 Maret nya aku belajar 3 mata pelajaran itu dari pulang sekolah jam 11 Siang sampe Jam 2 Dini Hari Non Stop. Dan waktu yang begitu panjang itu ternyata tidak cukup. Sampai jam 2 dini hari aku hanya belajar sampai mapel Ilmu Resep dan Farmakologi, sedangkan Farmakognosi? Whatever. Aku nggak belajar sama sekali. Paginya aku maju ujian nasional hanya berbekal ingatan tentang Farmakologi dan Ilmu Resep tanpa sempat belajar Farmakognosi sama sekali. Dan setelah ujian dimulai, aku berteriak PERFECT Farmakognosi alhamdulillah aku bisa ngerjain tanpa belajar sama sekali, Oh God, Thanks. hahahaa

April 2011 :

Bulan ini adalah bulan dimana Ujian Nasional dilaksanakan. Tanggal 18-20 April 2011.
  1. 18 April 2011 : Ujian Nasional mata pelajaran bahasa Indonesia. Berjalan lancar seperti biasa hanya saja agak grogi karena itu ujian nasional hari pertama. Setelah selesai ujian aku mulai dirasuki pikiran macam-macam. "KODE SOAL KU BENER 46 APA NGAAAAK????" oh,, aku paniik, dan selalu menghibur diri. Aku takut nggak lulus gara-gara bahasa indonesia. Tapi tanggal 30 Mei kemarin terjawab sudah aku lulus dengan nilai UN Bahasa Indonesia 9,00. Alhamdulillah kembali terucap. :)
  2. 19 April 2011 : Ujian Nasional Mata pelajaran Matematika. AKU SIAP AKU SIAP, itu kataku dalam hati, karena memang aku siap sekali menghadapi matematika. Karena apa? karena pada hari senin tanggal 18 April selesai ujian bahasa indonesia, aku belajar matematika dirumah temeanku Kusniawati Rahayu sampai bener-bener aku siap menghadapi Ujian. Asal diketahui, aku paling nggak banget sama mata pelajaran matematika, dan bahkan keseharianku bisa dibilang nggak pernah tuntas di mata pelajaran matematika. Tapi entah mengapa aku bisa sangat siap untuk ujian nasional kali ini, itu semua karena Kusnia Wti Rahayu yang telah membantuku. Aku Lulus dengan nilai UN Matematika 8,50, sulit dipercaya, Matematika, dengan kerja sendiri tanpa mencontek (yaiyalah ujian nasional gitu, mau nyontek darimana?). Alhamdulillah, Thanks God, Thanks Kusnia :)
  3. 20 April 2011 : Ujian Nasional mata pelajaran Bahasa Inggris. Seperti matematika aku siap sekali untuk bahasa inggris. Sempet hampir nangis juga saat ujian listening, karena apa? model soalnya beda sama model soal pas kita latihan OH GOD aku pengen nangis, udah tremor, tapi akhirnya aku bisa ngerjainnya, dan untuk nomer selanjutnya tanpa hambatan. Lulus dengan nilai bahasa inggris 8,60. Alhamdulillah :
Nah ujian nasional udah selesai kan?? eittsss tunggu,, buat anak farmasi berakhirnya ujian nasional bukan berarti berakhirnya ujian. Masih ada satu ujian lagi yang menanti ujian OSCA Asisten Apoteker tanggal 25 Mei 2011. Sebelumya ada agenda lagi. Nih :

Mei 2011 :

  1. 24 Mei 2011 : Pengambilan Sumpah Profesi Asisten Apoteker. Kami sebagai tenaga kesehatan harus disumpah. Diambil sumpah untuk mempertanggungjawabkan pekerjaan yang berhubungan dengan manusia ini. Sumpah kali ini diikuti 5 sekolah farmasi, yaitu : SMK Farmasi Yayasan Pharmasi Semarang, SMK Farmasi Theresiana Semarang, SMK Farmasi Nusaputera 2 Semarang, SMK Farmasi AL-Sya'iriyah Limpung, dan SMK Farmasi Duta Karya Kudus dengan sumpah secara 4 agama yaitu Islam, Kristen, Katholik, dan Budha. Tempat prosesinya di Gedung Wanita Semarang. Pelaksanaan sumpah berjalan khidmat dan sakral, terasa sekali. Setelah pengambilan sumpah oleh Ka. Dinas Kesehatan Provinsi, ada kata resmi pelantikan. Ini berisi tentang bahwa kita telah resmi dilantik sebagai tenaga kesehatan bidang farmasi. Alhamdulillah :)
  2. 25 Mei 2011 : Ujian Osca Asisten Apoteker. Ujian osca ini diadakan sekolah untuk muridnya agar mendapatkan Surat Ijin Asisten Apoteker, Sertifikat Asisten Apoteker, dan satu lagi surat apa aku lupa. Ujian ini dilaksanakan 4 kloter. Aku kebagian kloter keempat bareng dengan SMK Farmasi Duta Karya Kudus yang numpang ujian disekolahku. Ujian berjalan lancar dan aku resmi dinyatakan LULUS Ujian OSCA dan dinyatakan KOMPETEN sebagai Asisten Apoteker. Alhamdulillah :)
Nah dengan berakhirnya ujian osca ini berakhir pula serentetan ujian kami di SMK Farmasi Yayasan Pharmasi Semarang. Sekarang kami melanjutkan ke rencana masing-masing. Ada yang bekerja, ada pula yang melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi atau bahkan ada yang langsung menikah?? hahaha

ingat! suatu saat kita akan rindu saat saat seperti ini :
saat dimana guru sedang marah, terlambat datang ke sekolah, ketawa ketiwi di tengah lapangan, pulang sekolah bareng teman teman sampai membuat pagar di jalan (haha), teman sedang bergembira, suasana kelas seperti pasar, nyanyi nyanyi, joget joget, makan dikelas, dihukum guru, nyontek saat ulangan, remedial masal, ngerjain PR di sekolah, ngobrol saat jam pelajaran, dijemur dan lari dilapangan olahraga, disuruh keluar kelas, foto foto dikelas, naksir kaka kelas atau adek kelas, cintalokasi, maupun dikhianati pacar. tapi inilah kebahagiaan kita.
namun kelak kita ngga akan merasakan lagi indahnya masa masa SEKOLAH. masa itu akan berganti dengan suasana tegang, masa depan yang lebih menantang :) maka dari sekarang, mulailah katakan "teman, aku butuh kalian" :)

0 komentar: