CARA-CARA PENYARIAN

Berbagai macam penyarian menggunakan pelarut yang berbeda polaritasnya adalah sebagai berikut ini :

  1. Sari dalam eter minyak tanah dibuat dengan cara sejumlah 25 gram sampai 50 gram simplisia serbuk disri dengan eter minyak tanah P dengan cara penggojokan berkali-kali sehingga hasil penggojokan terakhir bila diuapkan tidak meninggalkan sisa. Penyarian bisa juga dilakukan dengan alat soklet. Sari dalam eter minyak tanah yang diperoleh dipekatkan sampai menjadi 25ml. Zat-zat yang dapat disari dengan penyarian eter minyak tanah anatara lain minyak atsiri, lemak dan asam lemak tinggi, steroid dan triterpenoid, karotenoid.
  2. Sari dalam eter dibuat dengan serbuk sisa penyarian dengan eter minyak tanah disari kembali menggunakan eter P dengan cara penggojokan berkali-kali sehingga hasil penggojokan terakhir bila diuapkan tidak menghasilkan sisa. Sari dalam eter yang diperoleh dipekatkan menjadi 50ml. Zat-zat yang dapat disari dengan penyarian eter adalah alkaloida, senyawa fenolik meliputi fenol-fenol, asam fenolat, fenilpropanoid, flavonoid, antrakinon, xanton, komponen minyak atsiri tertentu serta asam lemak.
  3. Sari dalam etanol-air dibuat dengan cara serbuk simplisia sisa penyarian menggunakan eter disari dengan penyari etanol 70% P dengan penggojokan berkali-kali sehingga hasil penggojokan terakhir bila diuapkan tidak menghasilkan sisa. Sari dalam etanol yang diperoleh dipekatkan menjadi 50ml. Zat-zat yang dapat disari dengan penyarian ini adalah garam alkaloid, alkaloid basah kuartener, amina teroksidasi, antosian, glikosida, saponin, tannin, karbohidrat.

0 komentar: